Trik Memperbesar Resolusi Foto HP Dengan Adobe Photoshop

 
Trik Memperbesar Resolusi Foto HP Dengan Adobe Photoshop

Sering kali kita merasa kecewa dengan kualitas foto hasil jepretan Hp karena hasil yang didapat kurang memuaskan apalagi jika digunakan pada malam hari. Lalu... Adakah trik singkat yang bisa digunakan untuk mengatasi hal tersebut...???

Nah... Pada kesempatan kali ini saya akan membahas trik simpel namun cukup efektif untuk memperbesar resolusi foto Hp yang bisa anda praktekkan langsung. Bagaimanakah trik simpel itu....???
 
1. Buka image seperti contoh di bawah ini :
 

2. Rubah image agar lebih terang dengan cara klik Image >> Adjustments >> Curves 
seperti tampilan di bawah ini :
 

3. Atur level terang image dengan menggeser navigator pada Curves seperti 
tampilan dibawah ini :
   

4. Langkah selanjutnya gunakan filter Blur dan pilih Smart blur seperti 
tampilan di bawah ini :
  

 5. Setting Radius dan Threshold seperti contoh di bawah ini : (nilai nominal dalam contoh
bukanlah sebuah patokan tetapi anda harus menyesuaikannya sendiri, 
atur jangan sampai kehilangan detail image terlalu jauh).
   

6. Kemudian aktifkan Smudge Tool dan ubah Strenght menjadi 17% seperti contoh dibawah ini :
 

7. Lakukan proses Smudge pada seluruh image seperti contoh di bawah ini : Ingat... !!! 
untuk daerah dengan detail yang rumit, ubah diameter Smudge Tool 
menjadi lebih kecil agar tidak merusak image asli.
  
 

Detail setiap lekukan di daerah mata, hidung, dan bibir membutuhkan kecermatan dalam pengerjaannya karena jika diameter Smudge terlalu besar bisa mengakibatkan berubahnya image asli. (Jangan segan-segan untuk memperbesar image dengan navigator dalam pengerjaan detail dengan kerumitan yang tinggi agar dapat dicapai hasil yang maksimal)


8. Jika semua proses Smudge telah selesai, maka akan didapat hasil seperti di bawah ini :

  

Proses dengan Smudge Tool tidak hanya berlaku pada wajah melainkan juga berlaku untuk seluruh image, seperti pada contoh di atas sini saya memberikan sentuhan Smudge pada seluruh bagian image.
Sebenarnya pada tahap ini output yang dihasilkan sudah memuaskan karena resolusi image secara otomatis sudah lebih besar daripada image asli dibuktikan dengan tidak pecahnya image jika diperbesar di navigator tetapi jika anda ingin memberikan efek soft pada image, anda bisa melakukan tahap berikutnya.

9. Duplikat layer dengan cara klik kanan pada layer dan klik Duplicate seperti contoh dibawah ini :
  

10. Langkah selanjutnya gunakan filter Blur dan pilih Gaussian Blur seperti tampilan dibawah ini :
 

 11. Setting Radius seperti contoh di bawah ini :
 

12. Kurangi Opacity layer antara 30 ‒ 35 % seperti contoh di bawah ini :
 

13. Lakukan penyatuan layer 1 dan 2 dengan perintah Ctrl + E selanjutnya lanjutkan dengan setting color image dengan cara klik Image - Adjustments - Color balance seperti contoh di bawah ini :
 

14. Sekali lagi saya tekankan nilai nominal dalam contoh bukanlah sebuah patokan tetapi anda boleh berimprovisasi sendiri, dalam contoh di bawah ini saya menggunakan setting Color Balance yang tepat (menurut saya) dan bisa anda lihat di bawah ini :
  

15. Akhirnya didapat hasil yang bisa anda lihat seperti contoh di bawah ini :
  

Bagaimana............??? Cukup mudah khan..... Anda bisa berimprovisasi sendiri tentang tutorial yang saya buat ini dengan melakukan kombinasi-kombinasi lain. Sebagai catatan hasil akhir dari contoh di atas masih bisa diteruskan dengan cara sebelumnya (Smudge Tool) agar didapat hasil yang lebih maksimal. 





Selamat Mencoba.......
 


















Judul: Trik Memperbesar Resolusi Foto HP Dengan Adobe Photoshop
Rating: 100% based on 99998 ratings. 5 user reviews.
Ditulis Oleh Bembeng My Blog
free download software, bembeng my blog, download, antivirus, gratis, tutorial, free games, full, crack, patch, serial, keygen, key, tips, video converter, tool, aplikasi, pro, activator, idm, office, windows, nero, utility, winrar.

2 comments:

Anonymous said...

Mantap gan, saya jadi lebih tahu dalam bidang MULTIMEDIA. :) Thank's ya.

silahkan follow back dan komentari di http://laebodat.blogspot.com/2012/12/10-perubahan-di-facebook-page-sirabun.html blog anda sudah saya follow..

Bembeng My Blog said...

Makasih Kk ... Aq Da Follback Blog Kk.

Post a Comment

Bembeng My Blog Ini Berhubungan Dengan Free Download Software, Pro, Full, Final, Crack, Patch, Serial Number, Keygen, Key, Activator, AntiVirus, Games, Tips & Trik, Video Converter, Tool, Multimedia, Aplikasi, Utlities, AdobePhotoshop, TuneUp, Design Graphics, Idm, Microsoft Office, Windows, Nero, Utility, Winrar, Magazines, Dll.

Mohon Maaf Sebagian Besar Postingan Di Blog Ini Mengunakan B. Ingris,,, Di Karenakan Saya Sebagai Admin Tidak Ada Waktu Luang Untuk Menerangkan ke B. Indonesia. Tapi Softwares Yang Admin Tayangkan Sudah Di Uji Coba Oleh Saya Sendiri Dan Berjalan Mulus Di Seytem OS XP, Windows 7 Dan Windows Vista.

Sekali Lagi Admin Mohon Maaf Bila Pengujung Blog Saya Tidak Nyaman.